Thefubbys’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Membandingkan Penggunaan Fasilitas : Email, SN, IM dari sisi psikologis November 23, 2011

Filed under: Uncategorized — melly fitria @ 2:56 pm

A. PERBANDINGAN ANTARA YAHOO DAN GMAIL

Menurut kalian, bagusan mana antara Yahoo Mail atau Gmail???. Awalnya saya sempat bingung, antara yahoo mail dan gmail mana yang memiliki fasilitas lebih unggul diantara keduanya. Saya akan mencoba untuk membandingkan anatar Yahoo mail dan Gmail, jika kita lihat dari segi kecepatan, keamanan dan kapasitasnya.

Kecepatan

Jika dilihat dari segi kecepatan, harus diakui bahwa Gmail lebih cepat daripada Yahoo mail. Untuk login, seakan Gmail melesat tanpa hambatan, sedangkan Yahoo seringkali agak lambat atau terkadang susah masuknya, apalagi ketika kita lagi penting untuk mengirim file kantor atau tugas kuliah (yang ada bisa stres). Bagi kamu yang koneksi internet-nya tidak stabil atau sering nge-net di warnet, kamu bisa lihat sendiri perbandingannya. Dan satu lagi, kecepatan Gmail dalam menerima Email menurut saya cukup cepat. Jika kita tetap login dan berada di halaman account, kita tidak perlu me-refresh halaman untuk melihat apakah ada Email masuk atau tidak. Sedangkan Yahoo mail, terkadang kita perlu me-refresh halaman kembali untuk melihat apakah ada Email baru yang masuk. Email yang masuk pada yahoo mail malah masuk kedalam spam (bisa membuat orang panik.)

 

Keamanan

Jika kita feedback lagi kebelakang, seperti informasi yang saya dapatkan bahwa banyak pihak yang menyarankan kepada pihak Google untuk menggunakan versi aman protocol untuk memproteksi Gmail. Data yang tidak terenkripsi ketika login ke Gmail dapat menjadi sebuah celah bagi pihak lain untuk mencuri identitas yang ada pada account Gmail kita.

Trus bagaimana dengan sekarang? I don’t know… Tapi hal tersebut akan menghilang seiring dengan waktu serta kenyataan yang sebenarnya dari para pengguna. Sedangkan Yahoo mail telah mengantisipasi hal ini sejak lama, ditambah pula pihak Yahoo mewajibkan pengguna mengisi email optional serta pertanyaan rahasia untuk memberikan proteksi jika terjadi hal yang tidak diinginkan bagi pemilik acoount. Di sisi lain, Gmail memberikan proteksi Email spam yang lebih baik ketimbang Yahoo mail. Maka, dalam hal keamanan, diantara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya.

 

Kapasitas penyimpanan

Gmail memiliki kapasitas penyimpanan (storage) yang terbatas. Sedangkan Yahoo memberikan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas.

Setelah saya coba membandingkan, so kalian mau pilih yang mana Yahoo mail atau Gmail???

B. PERBANDINGAN ANTARA FACEBOOK DENGAN TWITTER

Facebook

Facebook pertama didirikan pada tahun 2004 oleh seorang Mahasiswa Harvard University yang bernama Mark Zuckerberg. Pada awalnya facebook ini dibuat hanya untuk kalangan terbatas yaitu untuk mahasiswa Harvard. Namun sekarang facebook telah dibuka keanggotaanya untuk umum. Mark yang memang hobi mengotak-atik program pembuatan website berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar asramanya. Untuk membuat situs ini, ia hanya butuh waktu sekitar dua mingguan. Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak seniornya-Bill Gates-memilih drop out untuk menyeriusi situsnya itu. Bersama tiga rekannya-andre McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes-Mark kemudian membuka keanggotaan Facebook untuk umum. Dan sekarang Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai orang terkaya ke 4 versi majalah Forbes. Kekayaannya disebutkan ‘hanya’ 1,5 miliar dolar AS (Rp 13,6 triliun). Namun Zuckerberg baru berusia 23 tahun.

Beberapa keunggulan atau kelebihan Facebook:

  1. Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
  2. No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
  3. Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
  4. Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
  5. Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
  6. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
  7. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
  8. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
  9. Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
  10. Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
  11. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
  12. Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
  13. Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar, sehingga Surf di Facebook lebih cepat daripada di Friendster.
  14. Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
  15. Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung.

Beberapa kelemahan atau kekurangan Facebook:

  1. Pada saat sign up terkadang membingungkan para pengguna yang awam.
  2. Karena banyaknya fitur sehingga buat user yang masih awal pasti merasa bingung.
  3. Aplikasinya tidak dibatas, sehingga banyaknya aplikasi yang dipasang membuat beberapa orang jengkel karena harus lama meload halaman. Selain itu menurut beberapa orang mengalami kesulitan ketika join aplikasi.
  4. Banyaknya invitasi aplikasi terkadang membuat beberapa orang jengkel.
  5. Facebook kurang friendly sama orang yang suka gonta ganti background dan layout. Sehingga terasa lebih monoton.
  6. Pengguna Facebook di Indonesia masih sedikit jika dibandingkan Friendster.
  7. Facebook masih terasa exclusive sehingga belum merakyat seperti Friendster
  8. Mengekslorasinya masih belum sebebas friendster.

Twitter

Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya. Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna. Menurut comScore, user twitter telah mencapai 44,5 juta. Jejaring sosial ini telah menempati posisi 52 besar dunia mengalahkan ESPN, BBC, dan Craigslist.

Beberapa keunggulan atau kelebihan Twitter:

  1. Twitter adalah sebuah layanan gratis dan sederhana untuk menyiarkan status singkat melalui Internet. Karena singkat, status Twitter dapat dikirim melalui e-mail, SMS, dan jejaring sosial.
  2. Untuk menuliskan status Twitter, seseorang harus memiliki akun. Namun setelah memiliki akun, untuk menulis status atau tweet dapat melalui banyak program untuk berbagai perangkat, tidak harus melalui twitter.com.
  3. status Twitter dapat langsung diumumkan ke seluruh pemakai Twitter. Beda dengan status Facebook yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang sudah menjadi teman. Itulah sebabnya kini Twitter banyak dipakai oleh para politisi, perusahaan, bahkan pemerintah (tapi di negara lain lho). Mereka dapat mengumumkan berita-berita penting yang langsung dilihat oleh sesama pemakai Twitter. Untuk dapat melihat status orang atau pihak lain, seseorang harus mencari dulu pemakai Twitter.
  4. Twitter juga menyediakan komunikasi langsung ke sesama pengguna Twitter, sehingga tidak terbaca pengguna lainnya.
  5. Status Twitter dapat dihubungkan dengan aplikasi lain seperti Facebook, sehingga jaringan lebih luas lagi.
  6. Mudah untuk mengupdate dan lebih banyak kesempatan untiuk mandapatkan jaringan yg lebih luas.
  7. Siapa pun menjadi Follower orang lain kecuali diblokir.
  8. Pure alat komunikasi, cepat tanggap
  9. Anda tidak perlu harus log in untuk mendapatkan update; Anda bisa menggunakan aplikasi pembaca RSS.
  10. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka, banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
  11. Potensi menggunakan media ini untuk periklanan di masa mendatang .
  12. Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook, memberikan keuntungan biaya.

Beberapa kelemahan atau kekurangan Twitter:

  1. 21% dari account Twitter ternyata kosong. Ini merupakan persentase dari account Twitter yang belum pernah diposting satu Tweet. Mereka mungkin juga bisa terdaftar untuk terus menggunakan username terakhirnya, atau hanya account percobaan yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan.
  2. Hampir 94% dari seluruh account Twitter hanya memiliki kurang dari 100 follower. Dalam mencari kemungkinan konsisten dengan tool bercorak baru serta fakta bahwa banyak orang mungkin saat ini dapat memiliki account untuk mulai mencoba dengan alat, Sysomos telah menemukan mayoritas pengguna Twitter memiliki followership sangat rendah.
  3. 150 follower merupakan angka ajaib. Terutama dalam menarik poin data dari survei, Sysomos menemukan bahwa pengguna Twitter cenderung “follow back” semua pengikut mereka sampai sekitar 150 koneksi. Maka pertukaran jatuh secara dramatis, yang seolah-olah menunjukkan bahwa jumlah ini mungkin merupakan titik penyeberangan di mana orang beralih dari penggunaan Twitter untuk lebih pribadi untuk menggunakan lebih pada pemikiran “lifecasting” dan tindakan menuju komunitas orang-orang yang mereka rasa memiliki berbagai tingkat untuk koneksi.
  4. Separuh dari semua pengguna Twitter “tidak aktif.” Jika Kita mengambil gambaran umum menjadi “aktif” di Twitter berarti bahwa Kita telah mengirim Tweet di beberapa titik dalam 7 hari terakhir (1 bulan), maka survei dapat mengetahui bahwa 50,4% dari seluruh pengguna Twitter sesuai dengan kategori ini. Jika ita keluarkan 21% dari point pertama, berarti ini sekitar 30% dari pengguna yang telah memiliki account dan telah melakukan tweet sebelumnya, tetapi yang akan terjadi justru sekarang tidak aktif.
  5. Batasan karakter posting box sebanyak 140 karakter merupakan salah satu kekurangan twitter. jika ternyata postingan blog yang akan di-twitter-kan memiliki jumlah karakter judul dan permalink yang melebihi 140 terpaksa harus menggunakan fasilitas url shortener gratisan yang banyak disediakan web untuk memperpendek jumlah karakter permalink.
  6. Terbatas fungsionalitas misalnya dalam menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat.
  7. Terlalu menekanan pada penghitungan pengikut.
  8. Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan jaringan.

C. PERBANDINGAN ANTARA YM ATAU G-TALK

Yahoo Massanger dengan G-talk lebih mudah penggunaan G-talk karena G-talk tidak perlu lagi untuk mencari nama pengguna dari subjek yang dituju. Hanya ketika kita mngirimkan e-mail melalui Gmail dengan otomatis subjek yang kita kirim e-mail adalah teman kita dalam G-talk, sedangkan YM harus mencari nama dahulu subjek yang akan menjadi teman kita di YM.

G-talk merupakan satu kesatuan dengan Gmail dan G(+) sehingga lebih mudah untuk dipergunakan bersama-sama. YM tidak bisa dibuka secara bersamaan karena akan menimbulkan kepenuhan quota, jadi harus ditutup dulu penggunaan YM ketika ada e-mail yang masuk. Secara tampilan warna kedua-duanya memadai dan menarik.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.