Thefubbys’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Sopan Santun Desember 22, 2009

Filed under: Uncategorized — melly fitria @ 12:32 pm

Sopan santun sesungguhnya adalah suatu tata tingkah laku yang amat populis. Semua orang tahu, memiliki pengalaman mengenainya, dan menyukainya. Biarpun mungkin hanya sedikit orang yang bisa menjabarkan sopan santun itu apa, tetapi hampir semua orang memahami cara berlaku sopan dan santun, atau paling tidak, bagaimana positifnya perasaan yang timbul ketika seseorang diperlakukan dengan sopan lagi santun.

Sopan santun bukan sebuah ideologi, yang memerlukan konseptualisasi, pembahasan atau bahkan pemaksaan untuk ditegakan. Begitu seorang sadar bahwa adaorang lain disampingnya, tentu ia akan mulai membangun interaksi dengan orang lain itu seperti dia ingin diperlakukan oleh orang lain tersebut. Ia adalah nilai alamiah yang dibutuhkan setiap orang untuk dapat hidup berdampingan secara nyaman dan tentram.

Jika hendak diperluas, sopan santun juga menyangkut etika antara orang-orang yang tidak mengenal secara pribadi, tetapi harus berinteraksi ditempat umum. Kebiasaan untuk tidak menyerobot antrean, meminta maaf jika menyenggol secara tidak sengaja dalam kerumunan, sampai kesadaran untuk menaati peraturan adalah perluasan dari nilai sopan-santun dilembagakan, baik sebagai kebiasaan maupun norma-norma hukum.

Kondisi yang diciptakan oleh sopan santun dalam arti luas ini, tentu adalah ketentraman. Konflik pun diselesaikan dengan dialog dan keterbukaan, dan bukannya aksi saling memperdaya, saling berteriak, atau bahkan gotong-gontongan.

Sopan santun sebaiknya dilakukan di mana saja dan kapan saja kita berinteraksi dengan oranglain. Saat berbicara misalnya, anak muda harus bisa membedakan bagaimana berbicara dengan orang yang lebih tua atau dengan teman sebayanya. Saat berbicara dengan orang yang lebih tua sebaiknya menggunakan kata-kata yang baik, memanggil dengan kata sandang kakak/bapak/ibu/mas/mbak/teteh dan sebagainya selain itu perhatikan sikap yang hormat tetapi bukan berarti harus menjilat. Lain hal saat berbicara dengan teman sebaya atau yang lebih muda, buakn berarti bicara seenaknya tanpa rasa hormat tetapi gunakan bahasa yang baik tidak kaku tetapi tidak kasar pula.

Dalam segi pakaian juga akan menunjukkan kesopan santunan namun harus diperhatikan settingnya. Cara mudah menunjukkan kesopanan berpakaian paling tidak pakaian yang di kenakan tidak harus mahal tetapi rapi, bersih dan tidak bau. Karena bagaimanapun juga orang akan menilai kita awalnya dari tampilan luar. Tidak ada seorangpun yang menilai langsung dalamnya. Istilah ”Dont judge a book by its cover” bagi saya sepertinya munafik jika orang berkata itu namun kenyataanya pasti melihat orang dari tampilan awalnya. Seseorang ingin dilihat apa adanya namun ketika penampilannya dikomentari buruk dan akhirnya harga dirinya merasa di rendahkan lalu emosinya naik. Menurut saya orang yang tidak bisa menampilkan yang baik mungkin ia tidak menghornati dirinya sendiri. Terlepas dia tampan, cantik, atau buruk rupa sekalipun, banyak cara untuk memanipulasi penampilan bisa dengan pakaian yang rapi bisa dengan dandanan yang baik, walaupun kendalanya factor ekonomi. Gaya berpakaian yang sopan tidak harus terlihat selalu formal, yang terpenting kita tahu sedang di mana dan harus sesuai dengan pakaian kita. Atau bisa dibilang jangan sampai kita salah kostum. Dengan berpakaian sopan orang pun akan menilai kita baik.

Saat kita berperilaku sopan dan santun kita tidak boleh membeda-bedakan orang baik miskin atau kaya, muda atau tua semua harus di hormati. Contoh dalam kehidupan sehari-hari perilaku sopan santun, misalnya kita bersikap ramah dengan semua orang dapat mengontrol diri dan perasaan ketika berinteraksi dengan oranglain. Memiliki self management yang baik. Memberi senyum atau menyapa saat bertemu orang di jalan. Bersimpati dan mau membantu jika melihat orang sekitarnya kesusahan. Sikap sopan santun dapat ditunjukkan dengan mampu bersikap baik, sadar akan lingkungan, namun bersikap sewajarnya tanpa dibuat-buat.

Dengan demikian perilaku sopan dan santun sangat penting bagi kita semua. Sopan bukan berarti selalu terlihat formal dan kaku namun yang paling penting kita tahu dan mampu menyesuaikan penampilan,diri,dan perilaku dimanapun kita berada. Bersikap sopan dan santun tidak ada ruginya bahkan sangat menguntungkan. Orang yang berperilaku sopan biasanya mudah membaur dengan lingkungan dan pastinya ia dapat diterima oleh lingkungannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s