Thefubbys’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

AGGRESSIVE April 8, 2010

Filed under: Uncategorized — melly fitria @ 3:08 pm

Meskipun tidak semua anak autistik menunjukkan perilaku aggressive, tapi ini merupakan gejala yang sangat umum. Perilaku yang menunjukkan kemarahan yang meledak-ledak dan seketika pada anak-anak autistik merupakan hal yang umum. Bentuk perilaku anak-anak autistik ini seperti menendang, memukul atau melempar dengan merusak benda yang ada di sekitarnya. Perilaku ini bukan merupakan bentuk dari kemanjaan atau kenakalan. Perilaku agresif merupakan symptom dari gangguan, bukan sebagai akibat dari ketrampilan yang bersifat parenting yang buruk. (Tilton, 2004). Yang membedakan perilaku agresif pada anak-anak autistik dengan anak-anak pada umumnya adalah bahwa perilaku agresif pada anak-anak autistik menunjukkan agresifitas yang berlebihan dan penyebabnya terkadang terkesan sangat sederhana (bagi kita) dan terjadi secara tiba-tiba seperti tidak nyata penyebab kejadiannya.
Bentuk dari perilaku agresif anak-anak autistik dimanifestasikan dalam berbagai bentuk menyerang orang lain seperti memukul, mencambak, menendang-nendang, memberantakan benda atau menggigit orang lain. Alasan munculnya perilaku ini pada umumnya karena kebutuhan/keinginan anak tidak terpenuhi meskipun masalahnya sangat sepele (bagi kita) misalnya mainan kesukaannya diambil, posisi benda yang ditata secara berderet berubah, dilarang main air dan sebagainya.
Sebagai ilustrasi adalah kasus Joni (nama samaran). Joni anak yang aktif. Salah satu mainan yang disukai adalah telepon mainan. la hanya tertarik untuk melihat-lihat angka-angka dan sekedar menekan-
nekan angkanya sambil mengulang-ulang kata “halo satu dua “.
Ketika aktivitas ini dihentikan oleh guru dengan meminta telepon mainan tersebut, Joni tidak dapat menerima keadaan tersebut. Joni langsung marah; teriak, menangis sambil mencoba merebut mainan tersebut dari guru. Ketika cara tersebut tidak menuai hasil, Joni langsung mencoba menggigit tangan guru. Tetapi ia tidak berhasil menggigit tangan guru dan Joni akhirnya menggigit siapa saja yang ada di sekitamya misalnya teman sebangkunya. Bahkan ia akan menggigit benda yang bisa ia gigit atau mengigit bajunya. Dan biasanya anak tidak mudah untuk menghentikan perilaku agresifnya secara tuntas dan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Tetapi beberapa kasus sangat mudah berhenti secara singkat.
Penting sekali bagi guru atau orang tua untuk mengamati apa penyebab sehingga perilaku agresive ini muncul. Pada umumnya orang yang sering berada disekitarnya akan sangat memahami berbagai kebiasaannya misalnya guru atau orang tuanya. Kebanyakan dari orang tua penyandang autistik sangat mengetahui pola-pola perilaku agresive dari anaknya misalnya Ibu Nico (nama samaran) mengatakan bahwa anaknya akan sangat marah bila posisi mainan binatangnya dirubah/berubah. Lain halnya dengan Papa Sendi (nama samaran) yang
mengatakan bahwa anaknya akan marah besar bila film kartun yang ditontonya dihentikan tidak sesuai dengan kebiasaanya. Anaknya biasanya menonton kartun antara 3-4 CD dengan pola urutan tertentu. Ketika CD yang ke 2 selesai ditonton dan diberhentikan oleh papanya, maka perilaku tantrumnya akan muncul dan sulit untuk dihentikan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s