Thefubbys’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

FIXATIONS April 8, 2010

Filed under: Uncategorized — melly fitria @ 3:25 pm

Sertiap anak autistik memiliki minat dan kesenangan dengan objek atau aktivitas tertentu. Sebuah benda atau aktivitas yang menjadi favorit bagi anak autistik misalnya perilaku yang menyukai angka-angka dan alfabetik, membaca buku, minat terhadap peristiwa penting (sebut sejarah), nama-nama tempat bersejarah, jenis-jenis mobil, menyanyi atau menggambar.
Beberapa dari orang tua atau guru terkadang “melarang” aktivitas atau kesukaan anak terhadap benda tertentu karena terkesan tidak fungsional. Memang kenyataannya ada beberapa yang nampak sangat tidak fungsional misalnya membawa kertas sambil digoyang-goyangkan, membawa selimut kemanapun ia pergi, membawa tutup botol, bekas botol obat-obatan atau balok-balok kecil sepanjang hari. Hal ini biasa disebut dengan ciri anak autistik sebagai kelekatan terhadap benda tertentu tetapi tidak fungsional.
Beberapa literatur menunjukkan bahwa anak autistik dapat mengarahkan “fixation” masa kecilnya menjadi karir. (Simon, 1974). Dalam buku yang berjudul “Teaching Children with Autism” (noname) memberikan beberapa kasus fixation pada minat anak autistik pada masa kecil menjadi sesuatu yang luar biasa di masa dewasanya. Bemporad (1979) melaporkan kasus dimana fixations masa kanak-kanak terhadap matematika dapat membentuk dasar karir dalam bidang pelaporan finansial fiskal. Kanner (1943) juga melaporkan adanya 11 kasus autistik dan ternyata 6 orang gagal, 2 tak diketahui, sebagian sembuh dan 2 berhasil. Yang paling berhasil yaitu yang pada masa kecilnya mengalami fixations dalam berhitung dan sekarang bekerja sebagai kasir bank.
Pada kasus fixations yang menarik adalah anak autistik yang menyukai pintu dorong otomatis di sebuah supermarket dan bandara. Seorang guru mungkin bertanya bagaimana anak tersebut dapat menggunakan prinsip-prinsip matematika, sains dan bahasa pada fixations sebuah pintu. Pada tugas yang sangat sederhana misalnya membaca katalog tentang pintu. Sebagian besar orang pada umumnya tidak berminat untuk membaca katalog pintu, tetapi anak autistik yang menyukai fixations pintu, akan sangat menyukainya. Matematika dan geografi dapat diajarkan dengan meminta anak autistik untuk menemukan dimana pabrik pintu dorong itu berada sesuai dengan peta dan mengukur berapa jarak pabrik pintu tersebut dengan rumah atau sekolahnya.
Beberapa tahun terakhir ini, penulis memberikan fixations gambar jalan tol sebagai minat anak autistik di pusat terapi yang penulis pimpin. Anak autistik ini sangat menyukai aktifitas menggambar jalan tol sedemikian rupa detailnya misalnya nama pintu masuk tol, nama jalanya, lampu jalan tol, dan sebagainya. Penulis mencoba menggunakan fixations jalan tol untuk mempelajari matematika, bahasa inggris dan mengarang (bahasa indonesia). Pada tahap awal anak dipersilahkan menggambar tema jalan tol sesuai apa yang dipikirkan. Pada tahap ini pula anak akan mengulang-ulang menggambar jalan tol saja. Lalu anak mulai dikenalkan berbagai nama gambar dalam konteks jalan tol dalam Bahasa Inggris, menghitung lampu jalan tol dan menceritakan isi gambar secara sederhana. Anak diminta berceritera dalam Bahasa Inggris dan menuliskannya. Dalam bidang matematika, anak diminta untuk menghitung nilai tukar rupiah (pengurangan) dalam proses membayar tol dan mengitung berapa jam yang dibutuhkan selama perjalanan dari Cengkareng hingga Puncak Bogor. Tujuan dari kegiatan ini adalah mencapai perkembangan anak yang maksimal sesuai minat yang diharapkan. Dengan demikian pada saat nanti anak besar diharapkan memiliki ketrampilan hidup pada bidang bahasa ataupun geografi.
Beberapa kasus anak autistik di Indonesia ditemukan berbagai kemampuan anak yang luar biasa dalam bidang seni dan musik, misalnya anak autistik yang pandai bermain piano, orgen, gitar, menggambar ataupun menyanyi. Beberapa anak autistik yang memiliki bakat luar biasa ini semestinya kelak dapat menemukan dunia pekerjaannya sebagaimana bakat yang dimilikinya. Tetapi di Inonesia tidak banyak ditemukan anak-anak autistik yang memiliki karir dalam pekerjaannya secara maksimal. Berbeda halnya dengan berbagai laporan di negara-negara maju dimana anak-anak autistik dapat mengembangkan karirnya seperti Tample Grandin yang telah menjadi Doktor di Universitas terkemuka di Amerika Serikat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s