Thefubbys’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

PERILAKU ANAK AUTISTIK April 8, 2010

Filed under: Uncategorized — melly fitria @ 3:06 pm

Semua yang kita lakukan dapat disebut sebagai perilaku. Senyum, makan, minum, berjalan, menagis dan berbicara merupakan perilaku (behavior). Dalam tahap awal perkembangan, semua perilaku tersebut diharapkan dan didorong agar muncul pada tahap perkembangan dan pertumbuhan. Sebagian dari perilaku menunjukkan perilaku yang baik, dapat diterima dan tepat. Tetapi terkadang sebagian orang memiliki masalah dalam perilakunya.
Beberapa bentuk perilaku anak autistik menunjukkan keber-bedaan yang mencolok dibanding dengan anak-anak pada umumnya. Perbedaan perilaku anak autistik nyata berbeda berkaitan dengan perkembangan perilaku anak-anak seusianya. Sebagaimana yang telah dipaparkan pada Bagian I tentang ciri-ciri perilaku anak autistik (perilaku tak terarah; mondar-mandir, lari-lari, manjat-manjat, berputar-putar, Jompat-lompat, rigid routine, tantrum, terpukau terhadap benda yang berputar atau benda yang bergerak) menunjukkan perbedaan yang nyata dengan teman seusianya. Dengan perbedaan ini, perilaku anak autistik menjadi masalah dari perkembanganya. Beberapa masalah perilaku dapat ditunjukkan dalam situasi-situasi sebagai berikut:
• Anak tidak melakukan dengan tepat sesuai dengan lingkungan sekitar.
• Perilaku anak-anak tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dari teman-teman sebayanya.
• Anak-anak tidak melakukan apa yang kita ingin mereka lakukan atau ketika kita ingin mereka untuk melakukan sesuatu atau bagaimana kita ingin hal itu dilakukan. (Hodgdon, 1999). Selanjutnya, pada bagian ini akan dipaparkan beberapa ciri-ciri anak autistik.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s