Thefubbys’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

PERILAKU SOSIAL ANAK AUTISTIK April 8, 2010

Filed under: Uncategorized — melly fitria @ 3:21 pm

Perilaku sosial menyebabkan seseorang dapat berhubungan dengan lingkungan dan berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungan sosialnya. Jika anak mengabaikan kehadiran orang lain di sekelilingnya maka anak tersebut memiliki masalah dalam perilaku sosial.
Beberapa gangguan anak autistik dalam memahami komunikasi menyebabkan masalah dalam mengembangkan perilaku sosial ini. Beberapa anak-anak autistik memiliki perilaku yang cenderung bergerak kesana-kemari, bersuara sendiri, menggigit, menggaruk-garuk, me-ngotak-atik sesuatu ditanganya ataupun “flapping” (mengepak-kepak-kan tangannya). Perilaku sosial ini dikatakan tidak komunikatif, tetapi sebenarnya perilaku tersebut sebagai upaya untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya dalam berbagai situasi. Hal ini membuktikan bagaimana keterkaitan antara perilaku sosial yang dipengaruhi oleh pemahaman komunikasi.
Perilaku sosial anak autistik yang muncul terlihat tidak singkron dengan nilai-nilai sosial di lingkungannya. Hal ini dikarenakan anak-anak autistik tidak memahami sebagian besar nilai-nilai sosial yang berlaku sehingga orang kebanyakan yang tidak memahami kondisi anak autistik maka yang terjadi adalah marah dan mungkin menanyakan “apa orang tuanya tidak bisa mendidik ?”. Ketika orang-orang sedang antri untuk membeli es cream di sebuah pusat pembelanjaan; Yudi, 7 tahun (nama samaran) tiba-tiba lari menunju ke antrian paling depan dan menyerobot es cream yang sedang dipegang oleh seseorang paling depan dan langsung menjilatinya. Yudi seperti tidak merasa bersalah dengan perilaku sosialnya.
Perilaku sosial ini sebaiknya diajarkan dan diterapkan secara rutin dan konsisten. Tata laksana perilaku yang rutin, konsisten dan pembiasaan yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan anak merupakan bagian yang penting. Tetap ajarkan dan latih dalam kehidupan sehari-hari sesuai kontekstual dari lingkungan sosial anak. Memulai dalam lingkungan yang sangat kecil misalnya keluarga, teman bermain, di playgroup atau taman kanak-kanak merupakan bagian yang penting.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s