Thefubbys’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

RIGID ROUTINES April 8, 2010

Filed under: Uncategorized — melly fitria @ 3:16 pm

Rigid Routines diartikan sebagai perilaku anak autistik yang cenderung mengikuti pola dan urutan tertentu dan ketika pola atau urutan itu berubah anak autistik menunjukkan ketidaksiapan atas perubahan tersebut. Beberapa kasus yang sederhana seperti urutan jalan ketika pergi ke sekolah, jenis pakaian yang dikenakan, perubahan ruang belajar atau terapi hingga perubahan jadual terapi dengan guru yang berbeda.
Beberapa anak-anak autistik akan toleran terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar, tetapi menjadi sangat cemas dan bingung/terganggu dengan perubahan sekecil apapun di lingkungannya. Aktivitas atau peristiwa yang mereka harapkan tetap sama. Anak-anak autistik mengembangkan perilaku rutinitas, dimana hal tersebut jarang atau sulit dihilangkan dan perilaku ini dapat menjadi tidak terkontrol dan terlalu mengganggu dalam proses belajar. Contoh yang sering dijumpai adalah anak autistik yang cenderung belajar dengan guru tertentu, jam tertentu dan belajar dengan materi serta alat peraga tertentu. Ketika guru memiliki hambatan untuk hadir dan digantikan dengan guru lain, beberapa kasus anak-anak autistik kebingungan dan menolak. Beberpa kasus anak autistik sangat rigid dengan pola duduk saat terapi berlangsung dan respon terhadap materi yang diberikan oleh guru.
Penulis melihat bahwa hampir semua anak-anak autistik memiliki karakteristik ini meskipun bentuk dan tingkatannya berbeda-beda. Berkaitan dengan rigid routines, ada sebuah kasus yang cukup menarik pada anak PDD jenis AS (Aspergers Syndrome) bernama Opal (nama samaran). Pada jam bermain bebas, Opal menunjukkan muka dan gerak-gerik yang gelisah. la mondar- mandir, setengah menangis dan sesekali melihat ke arah jam dinding yang ada di ruangan serta melihat ke arah lantai bawah (tempat bermain di lantai 2). Kemudian, penulis mencoba menanyakan apa yang terjadi dengan dirinya dan kebetulan penulis benar-benar tidak mengetahui persis kenapa Opal berperilaku seperti itu. “Kenapa Opal ?”, tanya penulis. Opal tidak menjawab dan masih mondar-mandir sambil menangis serta sesekali melihat jam di dinding serta menengok ke arah bawah. Setelah beberapa kali penulis menayakan hal tersebut lalu tiba-tiba Opal menjawab: “Jarum panjang di angka
6 (sambil mondar mandir terus)…Pak Joko turun .jarum panjang
di angka 6 Pak Joko turun ” begitu jawabannya sambil diulang-
ulang. Setelah beberapa saat, penulis baru menyadari bahwa ternyata Opal telah memperhatikan rutinitas para guru, dimana pada jam 12.30 (jarum panjang di angka 6) penulis turun ke bawah (rumah dua lantai) dan bergantian dengan guru lain untuk membuat laporan kegiatan anak untuk setiap harinya. Ternyata anak melibatkan diri dalam rutinitas yang diciptakan oleh penulis dalam kegiatan sehari-harinya di tempat terapi. Hal ini jadi masalah bagi anak autistik tertentu. Sungguh tidak menyangka !
Anak-anak autistik cenderung memperhatikan perubahan yang terjadi sekecil apapun di lingkungannya seperti yang terjadi pada kasus-kasus di atas. Mereka sangat peka terhadap perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku. ini bukan hanya menunjukkan kelemahan, tetapi perilaku ini merupakan satu bagian untuk tetap menjalin hubungan dengan orang lain. Karena tidak memiliki pemahaman komunikasi verbal maupun non verbal yang memadai, maka
mereka tergantung dengan keadaan rutinitas yang mudah diketahui dan melakukan kegiatan fisik agar dapat berhubungan dengan dunia luar yang tidak diketahuinya.
Intelegensi sosial sebenarnya adalah yang menyebabkan orang dapat menanggulangi perubahan yang terjadi. Bila orang mengetahui kemauan dan perasaan orang lain serta memahami penyebab dan pengaruh kita sendiri maupun tindakan mereka, maka hal ini dapat membantu untuk mengintepretasi perubahan yang terjadi. Intelegensi sosial inilah yang menjadi hambatan bagi anak autistik.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s