Thefubbys’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Relokasi Pasca Bencana Gunung Merapi Januari 11, 2011

Filed under: Uncategorized — melly fitria @ 12:36 pm

 

Bencana Gunung Merapi telah memakan banyak korban jiwa dan mematikan aktivitas warga yang hampir sebagian besar adalah petani disekitar kaki Gunung Merapi. Sehingga perlu penanganan yang serius untuk para penanganan yang serius untuk para pengungsi agar dapat kembali melanjutkan aktivitasnya dan seperti sedia kala. Penanganannya dapat berupa relokasi dimana warga dipindahkan dari desa asalnya. Relokasi dapat diberikan dalam beberapa alternative,seperti warga dipindahkan kedaerah Sumatera tepatnya di provinsi Lampung. Hal ini dilakukan karena daerah Lampung masih memiliki lahan yang cukup luas unntuk menampung para pengungsi dari segi rumah sehingga mata pencaharian warga dapat menjadi seorang petani dengan memanfaatkan lahan yang ada seperti berkebun singkong atau bahkan menanam pohon pinang atau karet.

 

Namun jika warga tidak bersedia untuk pindah dari lereng Gunung Merapi, disaraankan tempat tinggal warga minimal 20 km dari lereng merapi. Pemerintah harus memberikan tempat tinggal sementara waktu. Karena saat ini lahan kepunyaan mereka tidak bisa digunakan karena terkena abu vulkanik yang berbahaya.

 

Transmigrasi ini memang memerlukan biaya cukup besar dari segi pembuatan hunian sampai biaya untuk membuka lapangan pekerjaan. Namun pemerintah pusat harus bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk sama-sama membangun daerah tersebut. Hal ini dapat mensejahterakan srta memberikan masukan pada kas daerah. Dapat pula menambah SDA dan SDM di wilayah tersebut. Pemarintah pusat juga dapat terbantu karena denagan adanya transmigrasi ini akan terjadi pemerataan penduduk.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s