Thefubbys’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Perbedaan Jobstreet dan karir.com Maret 23, 2012

Filed under: Uncategorized — melly fitria @ 3:21 pm

JobStreet, Karir.com, mana yang lebih baik?

Buat para pencari kerja, informasi mengenai lowongan pekerjaan merupakan hal yang sangat vital. Di sisi lain, bagi para penyedia kerja, informasi mengenai tenaga kerja yang tersediapun merupakan hal yang sangat penting. Karena tentunya, para penyedia kerjapun ingin mendapatkan kandidat terbaik untuk ditempatkan di posisi tersebut, maka dari itu proses pencarian kadidat pun seringkali menjadi suatu petualangan yang meletihkan baik bagi para pencari maupun penyedia kerja.

Atas dasar kebutuhan inilah kemudian, dengan memanfaatkan teknologi internet yang menghapuskan batasan-batasan fisik, bermunculanlah situs-situs terkait lowongan kerja, dengan tujuan utama mempertemukan atara para pencari kerja dengan para pemberi kerja.

Untuk Indonesia, terdapat beberapa situs lowongan kerja yang sudah cukup established. Ada yang merupakan franchise dari situs serupa di luar negeri, dan ada pula yang lahir dan tumbuh di bumi Indonesia ini. Situs-situs tersebut adalah karir.com, dan JobStreet. Dalam pelaksanaannya, antara kedua situs ini ternyata memiliki koleksi lowongan dan pemberi kerja yang berbeda-beda. Hanya sekali duakali sajalah terdapat lowongan yang sama yang dimuat di beberapa situs sekaligus. Ini artinya, seorang pencari kerja dapat secara selektif memilih diantara kedua situs ini, mana yang jenis lowongannya cocok untuk dirinya. Atau, seperti yang banyak dilakukan para pencari kerja umumnya, pantau saja kedua-duanya!

Untuk pemantauan lowongan, maka hal yang sangat bermanfaat adalah adanya fasilitas “job alert”, yang dikirim secara periodik ke pelamar yang membutuhkan. Job alert ini biasanya, sesuai sifat dari sumber beritanya sendiri, adalah dalam bentuk digital, alias e-mail. Karena kemudahan dan rendahnya biaya yang diperlukan (~nol), maka fasilitas job alert ini kemudian menjadi salahsatu andalan utama para pencari kerja, dalam menemukan “jodoh” yang tepat.

Namun dengan semua kemudahan yang tersedia, apakah situs-situs penyedia informasi lowongan kerja ini sudah memanfaatkan secara maksimal perkembangan teknologi internet, serta fasilitas job alert yang mereka miliki? Berikut ini ulasan singkat mengenai situs-situs tersebut.

JobStreet

Seperti halnya JobsDB yang memiliki cabang di beberapa negara, JobStreet pun sama memiliki kantor perwakilan di beberapa negara Asia. Jadi dari segi koleksi lowongan, maka member dari situs JobStreet ini memiliki kemampuan untuk juga mencari tahu mengenai lowongan yang ada di negara-negara lain.

Walaupun masih kalah pamor dari JobsDB, namun dari segi fitur, situs ini memiliki beberapa fasilitas yang menarik untuk membantu para pencari kerja mendapatkan lowongan yang sesuai. Dua diantaranya adalah, “Jobs others like you have applied for” dan “Jobs with low application submission”. Yang pertama menginformasikan lowongan apa sajakah yang menjadi favorit diantara para pencari kerja dengan kualifikasi yang setara anda? Sedangkan yang kedua, yaitu sebaliknya, menginformasikan lowongan apa sajakah yang cukup sesuai dengan karakter diri anda, tapi hanya sedikit yang berminat. Informasi ini penting karena logikanya, semakin sedikit saingan, maka semakin besar juga kemungkinan anda dipertimbangkan untuk mengisi posisi tersebut.

Tidak hanya terkait lowongan, maka terkait job application yang sudah pernah anda kirimpun, JobStreet menyediakan beragam informasi tambahan yang menarik. Diantaranya: total jumlah aplikasi lamaran yang masuk, tanggal, status aplikasi, dan berapa kali calon employer anda telah melihat CV anda! Jadi bagaikan forwarder dengan fasilitas GPS, maka di situs inipun anda bisa memantau sudah seberapa jauh tahap lamaran anda diproses.

Selain soal fitur, perihal tampilan dan navigasi situs JobStreet inipun relatif lebih user-friendly dan mudah dikendalikan dibandingkan JobsDB. JobStreet juga tidak memasang restriksi jenis browser apa yang harus user pergunakan, karena fitur-fiturnya berjalan baik di keluarga kecil Mozilla (Firefox, Mozilla, Netscape), maupun di keluarga besar paman Internet Explorer.

Dalam hal job alert, JobStreet mengirimkan informasi dalam format yang list, dengan matrikulasi informasi yang mudah untuk dimengerti pembaca.

Format: Job Title + Job field, Company + Industry, Location, Requirements, dan Link

Sedangkan informasi yang tertera di bagian subjectnya adalah sebagai berikut:

Format: Job Title, other jobs / position available.

Karir.com

Situs Karir.com lahir dan besar di Indonesia, serta kelihatannya hanya akan fokus ke pasar Indonesia saja. Oleh karena itu, data lowongan yang mereka milikipun terbatas pada lowongan-lowongan yang ada di Indonesia saja.

Baik dari segi fitur maupun tampilan, situs Karir.com ini termasuk yang paling konservatif dan konvensional. Dalam hal manajemen data lowongan, terdapat beberapa menu shortcut dari data filtering yang dianggap umum dipakai untuk pencarian data, tapi selebihnya tidak ada pengolahan data lebih lanjut. User dapat melihat gambaran singkat mengenai status resume mereka secara global, tapi selebihnya tidak ada data terperinci.

Uniknya, Karir.com malah mengambil arah pengembangan pelayanan yang berbeda dengan situs-situs saingannya, yaitu dengan menyediakan microsite social networking; fitur serupa Friendster namun khusus tekait karir.

Untungnya dalam hal akses, Karir.com juga tidak memberlakukan ketentuan khusus untuk mengakses situsnya, jadi baik melalui Firefox ataupun IE, tampilan dan fungsi berjalan dengan sama baiknya.

Dalam hal job alert, Karir.com mengirimkan informasi dalam format list, namun dalam tata susun yang cenderung membingungkan! Data lowongan dimuat dalam susunan yang rapat, serta saling berjauhan secara horizontal tanpa adanya bantuan visual apapun untuk pengelompokan / pemisahan data. Akibatnya, user harus lebih teliti dalam membaca, karena data-data yang disajikan tampak “menggumpal” sehingga terdapat kecenderungan tinggi untuk salah baca dalam menyambungkan antara kolom perusahaan dengan kolom lowongan.

Format: Nama perusahaan, Posisi, Lokasi, dan Link.

Sedangkan informasi yang tertera di bagian subjectnya adalah sebagai berikut:

Format: Alert. Karir.com sama sekali tidak memanfaatkan bagian header ini untuk membantu mempromosikan isi job alert, sehingga relatif tidak informatif, apalagi jika dibandingkan dengan JobStreet.

Namun demikian, jika dilihat sekilas antara kedua situs lowongan kerja yang sudah diuraikan disini, Karir.com kelihatannya yang paling unggul dalam hal jumlah data lowongan kerja di Indonesia. JobStreet relatif agak tertinggal dalam jumlah data yang dimiliki.

Berikut matrikulasi kesimpulan dari tulisan ini:

No.

Nama Situs

Fasilitas online

Job Alert

Cakupan

Jumlah data

1.

JobStreet

Baik sekali

Baik sekali

Regional

Sedang

2.

Karir.com

Cukup

Cukup

Nasional

Besar

Selain dari kedua situs populer ini, terdapat juga beberapa situs lowongan kerja lainnya dengan jumlah data yang tidak terlalu besar, sehingga kurang menarik untuk dikunjungi secara rutin.

Selain dalam bentuk portal website, situs-situs lowongan kerja ini ada juga yang mengambil format mailing list, dengan lowongan yang bersifat khusus karena biasanya hanya disebarkan terbatas antar teman / anggota milis, dan dengan proses penerimaan yang juga kental muatan subyektifitasnya.

Banyak juga yang tampil dalam bentuk blog, dengan sajian informasi yang biasanya tidak didapat langsung dari employer melainkan dari hasil internet search.

Atau ada juga situs yang menghimpun data lowongan dari media cetak, seperti yang dilakukan oleh situs KlikKarir.com.

Sedangkan dalam lingkup yang masih sangat terbatas, situs-situs internasional lainnya serupa Monster.com pun sudah mulai memuat lowongan-lowongan yang berbasis Indonesia. Inipun rata-rata berasal dari perusahaan PMA / Internasional, dengan sasaran yang tidak khusus tenaga kerja lokal.

Macam-macam kelebihan dan kekurangannya, namun semuanya bertujuan sama: mempertemukan antara para pencari kerja, dengan pemberi kerja. Semoga sumber-sumber informasi tersebut bisa membantu anda dalam menemukan “jodoh” yang selama ini anda idam-idamkan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s